ratihsubagyo. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MAWAPRES FMIPA UNDIP 2011

Subhanallah sekali saya diizinkan untuk mengikuti event ini, karena nilai kehidupan yang saya dapatkan di dalamnya gak akan pernah saya dapatkan di event-event perlombaan lainnya. Alhamdulillah


mawapres fmipa undip 2011
 Seleksi mawapres fmipa undip 2011 sudah selesai diselenggarkan pada tanggal 23 Maret 2011 dengan hasil pemenang :
1. Risma Wiharyanti (Biologi)
2. Latifah Hauli (Kimia)
3. Muhammad Mulyadi (Biologi)
sungguh sebuah perlombaan yang bisa dibilang cukup berat buat saya, seperti pada evnet osnpti dahulu, saya mengikuti event ini dengan tidak sepenuh hati. Kami semua ber-15 sudah mulai dibina langsung oelh bapak PD 3, Bpk Ahmad Suseno selama kurang lebih 1 bulan. Kami digembleng dan diberikan nasehat, motivasi, dan materi materi yang saya rasa sangat berguna sekali bagi masa depan saya. Seperti yang telah saya sebutkan tadi, banyak banget nilai kehidupan yang tidak saya dapatkan di evemt event perlombaan yang lain, disamping persahabatan dan ketemu dengan teman-teman baru dari laen jurusan, motivasi motivasi yang diberikan oleh bapak seno maupun dari teman2 motivator sendiri sangat mempengaruhi kondisi kejiawaan saya sekarang ini. Hahaha....

Mawapres merupakan singkatan dari mahasiswa berprestasi. Sebuah event perlombaan seperti pelajar teladan (SD,SMP,SMA) yang diadakan oleh DIKTI. Seleksi ini dilakukan dari tingkat fakultas, universitas, provinsi dan kemudian nasional. Dan tentunya yang menjadi mawapres ini bukanlah hanya sekedar mahasiswa dengan otak yang cemerlang, tetapi harus disertai dengan kepribadian yang kuat, good in english, aktivis organisasi dan juga mempunyai ide-ide cemerlang untuk penulisan karya ilmiahnya.

Pembinaan mawapres fmipa undip sendiri dimulai sejak awal bulan maret. Disana saya sudah mulai dipertemukan dengan rival-rival saya agar bisa lebih bersaing secara sehat. Seleksi mawapres pada awal mulanya hanya akan dipilih kurang lebih 10 orang dari 15-16 orang yang diajukan oleh program studi. Namuh, pada akhirnya karena dinilai semua finalis dinyatakan memenuhi syarat oleh pak  Seno, semua finalis masuk dan mengikuti seleksi pada hari H, 23 Maret 2011. Nah, ada sedikit cerita yang ingin saya bagikan kepad kaum blogger semua, bahwa mawapres tidak semudah yang saya bayangkan. Saya bisa dikategorikan seorang yang aktif berorganisasi, saya juga mampu dalam membuat karya ilmiah, bisa dikatakan juga saya juga sedikit bisa berbahasa inggris. Namun, ternyata saya belum mampu untuk meraih posisi 3 besar fakultas, itu bukan sebagai bahan penyesalan bagi saya. Tapi, lewat event ini, saya berjanji pada diri saya sendiri untuk bisa berbuat lebih baik lagi di kemudian hari.

Pada hari seleksi, bidang yang diajukan sebagai persyaratan untuk memenangkan mawapres ada 4, yaitu bidang karya tulis, bahasa inggris, kepribadian dan ekstra ko-kulikuler. Pada bidang bahasa inggris, begitu banyak pertanyaan yang diajukan oleh para juru sehingga saya meras kesulitan menjawab, pada babak karya tulis saya merasa sekali bahwa karya ilmiah yang saya buat masih dirasa jauh dari buatan teman-teman yang notabene mereka membuat karya ilmiah untuk pengajuan rancangan/ide. Namun saya hanya mengajukan sebuah permasalahan dan mengkajinya. Kemudian pada babak kepribadian saya merasa cukup oke dan pede untuk menjawab pertanyaan para juri tentang kebiasaaan, pola pikir , visi misi saya dalam hidup. Nah, untuk babak ekstra kokulikuler saya meras agak sedikit minder karena saya hanya berkecimpung di organissasi intern HIMASTA, sedangkan rival saya yang lain  lebih tinggi tingkatannya dan bisa dibilang lebih aktivis daripada saya.

Nah, itulah sepenggal kisah saya ketika mengikuti seleksi mawapre fmipa undip 2011. Semoga bermanfaat....Saya berani bilang, walaupun saya kalah, tetapi saya tidak menyesal untuk mengikuti event ini, saya cinta statistika, dan saya ingin terus membanggakan almamater yang saya punya. Hidup STATISTIKA !!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Anonim mengatakan...

sangar....

Posting Komentar