ratihsubagyo. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pengguna Internet di Indonesia Meningkat Drastis

oleh Kumo Ratih ,  26 Januari 2011
INDONESIA – Negara terbesar dan tercepat dalam pertumbuhan pengguna internet di Asia Tenggara berdasarkan Net Index Study 2010 oleh Yahoo – TNS.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Yahoo bekerjasama dengan TNS tahun 2010, tercatat lonjakan pengguna internet via ponsel di Indonesia meningkat tajam dari tahun 2009 yang sebesar 22% menjadi 48 % di tahun 2010. Tarif provider yang semakin murah dan perluasan 3G memainkan peranan dalam lonjakan angka tersebut.

Sekilas tentang Net Index Study 2010
Yahoo dan lembaga survey TNS berinisiatif untuk mengadakan studi mengenai pertumbuhan pengguna internet di Indonesia. Mereka mengsurvey tentang aktivitas masyarakat Indonesia ketika berinternet. Mulai dari profil pengguna internet, situs yang paling sering dikunjungi, akses untuk berinternet, tempat yang digunakan untuk mengakses internet dll. Survey ini dilakukan di 8 kota besar yaitu Jakarta, Botabek, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Palembang and Makassar dengan jumlah responden acak sekitar 2000 orang.

Pertumbuhan Pengguna Internet di Indonesia
Fakta baru muncul mengenai data pertumbuhan pengguna internet yang dirilis oleh Yahoo! & TNS pada survey nya yang terakhir tahun 2010, dimana mencatat sebuah penurunan dari 83% (2009) menjadi 64% (2010) pada penggunaan warung internet sebagai tempat untuk mengakses internet. Hasil survey menyebutkan hal ini disebabkan karena penggunaan warung internet tergerus dengan penggunaan internet via ponsel yang semakin in di kota kota besar.



Pada penggunaan internet via ponsel mengalami kenaikan tajam dari 22% (2009) menjadi 48% (2010). Sedangkan untuk penggunaan internet di rumah mengalami kenaikan sebesar 9% dari tahun 2009 ke 2010. Sementara itu untuk penggunaan internet di perkantoran, sekolah, rumah teman dan laptop sendiri mengalami penurunan masing masing sebesar 1%, 7%, 4%, 3%.


Berdasarkan hasil survey Yahoo – TNS dapat dilihat bahwa jumlah pengguna internet mengalami kenaikan pada penggunaan internet via ponsel dan penggunaan internet di rumah. Bagaimana hal ini bisa terjadi?  Penggunaan internet via ponsel menjadi layak untuk digemari karena selain tarif dari provider ISP yang semakin murah, akses data yang unlimited (berdasar pulsa), juga lebih praktis karena tidak perlu membawa laptop/komputer kemana-mana.
Fakta lain yang diperoleh pada survey Yahoo – TNS mengenai meningkatnya penggunaan internet via ponsel yaitu :
1.     Lebih dari setengah pengguna internet via ponsel berada pada status ekonomi A dan pada kelompok umur 15 – 24 menggunakan internet mobile setiap harinya.
2.     Pengguna internet via ponsel lebih dominan daripada pengguna smartphone dimana smartphone menguasai sebesar 11%.
3.     41 % pengguna biasanya menggunakan internet via ponsel hanya sekedar untuk mencari informasi tentang berita (54%) dan fakta/hal hal sepele (47%)
4.     Pengguna internet biasa mengakses situs jejaring sosial 89% setiap sebualn sekali dan 47% sekurang kurangnya setiap sehari sekali.

Untuk perkembangan pengguna internet via ponsel sendiri, survey Yahoo – TNS mencatat kota yang mengalami kenaikan tajam  dari tahun 2009 ke 2010 terjadi pada kota Makassar (42%), disusul dengan kota Semarang (41%) , Medan (38%), Surabaya (36%), Jakarta (26%), Palembang (25%), Bandung (20%) dan Botabek (14%). Sekarang terbukti kan, kalau Indonesia merupakan salah satu pasar internet yang berkembang sangat cepat.
                     

















Disamping itu, untuk pertumbuhan pengguna internet sendiri di kota kota besar mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada grafik perbandingan pertumbuhan pengguna di bawah ini.




Grafik disamping adalah hasil survey Yahoo- TNS Net Index Highlights tahun 2009, dimana tercatat jumlah pengguna internet terbesar ada di kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan tingkat frekuensi pengaksesan yang juga tinggi.




Grafik hasil survey Yahoo- TNS Net Index Highlights pada tahun 2010 menunjukkan peningkatan jumlah pengguna internet di 8 kota besar. Dengan masing masing peningkatan di kota Jakarta (9%), Botabek (10%), Surabaya (2%), Medan (14%), Bandung (2%), Semarang (11%), Palembang (10%) dan Makassar (10%).

Peningkatan jumlah pengguna internet yang drastis tersebut mengindikasikan cepatnya perkembangan internet di Indonesia. Keadaan ini dapat menjadi peluang bisnis yang bagus bagi penyedia jasa bagi ISP, ataupun pihak yang berbisnis online melalui internet, serta memberikan manfaat yang banyak bagi kantor dan perusahaan bisnis.


Source :
Yahoo - TNS Net Index Highlights 2009
Yahoo - TNS Net Index Highlights 2010
http://ycorpblog.com/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

4 komentar:

Anonim mengatakan...

wah mbak numpang ambil data untuk tugas ya :D info yang menarik. terimakasih :D

Unknown mengatakan...

mb ak bs tau g mb utk linknya data TNS Net Index Indonesia 2010 tsb? ak mnt banget mb soalny ak mau buat nyusun disertasi. Mohon bantuannya. Thanks a lot

Kumo Ratih mengatakan...

baik, besok ak kirim yaa, soalnya ak lg gak bawa laptop. emailnya apa mon?

Cuyza mengatakan...

waaah menarik bgt infonya. aku lagi cari" data yang kaya gini .. hmm.. boleh tau gag itu grafik" sumbernya dari mana yah? thx.....

Posting Komentar