ratihsubagyo. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Cerita OSNPTI buat Web

Well, OSNPTI merupakan salah satu ajang bergengsi tingkat nasional yang pada tahun 2010 ini udah di selenggarakan yang ketiga kalinya. Event besar ini diselenggarakan oleh PERTAMINA dan bekerjasama dengan Universitas Indonesia. Dan baru pada tahun 2010 ini, STATISTIKA UNDIP bisa menjuarainya di tingkat Jawa Tengah.

Salah satu teman kita, Kumo Ratih (Statistika 2008) berhasil memenangkan Event OSNPTI Bidang Matematika  tingkat Jawa Tengah. Dia berhak mewakili provinsi jawa Tengah dan UNDIP ke tingkat nasional di Jakarta. Di Jakarta, kegiatan  dilaksanakan selama 5 hari. Jadwal kegiatan yang diselenggarakan sangat padat dan banyak. Setiap bidang diikuti oleh 33 peserta dari setiap provinsi di Indonesia. Sedangkan bidang yang dilombakan terdiri dari 4 bidang yaitu Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi yang merupakan bidang baru yang dilombakan pada event OSNPTI ini. Jadi total seluruh mahasiswa yang mengikuti ini berjumlah 132 mahasiswa.

Seleksi yang diselenggrakan terbagi menjadi 3 sistem, yitu sistem quarter final, semifinal dan grand final yang menerapkan sistem gugur. Peserta berhak masuk babak semifinal jika berada pada 9 rank teratas yang nilainya diperoleh dari nilai essay dijumlah dengan nilai makalah soal open ended. Dari 9 peserta semifinalais, berdasarkan presentasi dari makalah mereka akan dipilih 3 finalis yang akan masuk kedalam 3 besar dan berhak memperebutkan juara pada OSNPTI ini. Seleksi 9 besar dilaksanakan pada hari ketiga kegiatan dan seleksi penentuan grand final dilaksanakan pada hari ke 4 kegiatan. Namun sayang, teman kita yaitu ratih belum mampu menembus ke 9 besar semifinalis. Dia berkata bahwa diperlukan basic mathematic yang  kuat di bidang matematika murni untuk menyelesaikan soal essay yang diberikan. Karena pada dasarnya yang mengikuti event OSNPTI tahun ini ada beberapa yang mengikuti OSNPTI Tahun 2009, sehingga merekalebih berpengalaman. Dan aja juga yang dulunya mantan anak Olimpiade Matematika waktu SMA sehingga sangat diperlukan sekali kemampuan yang bagus mengenai matematika. saingannya berat kan??

Peserta yang mengikuti OSNPTI ini dikarantina di pertamina learning center(PLC) daerah Simprug, Jakarta utara. Peserta tidak hanya dijejali dengan kegiatan perlombaan, tetapi para peserta juga dibekali pengetahuan tentang PERTAMINA dan produknya melalui seminar seminar kecil dan kunjungan ke Depot PERTAMINA yang ada di Jakarta. Acara kunjungan berakhir dengan sedikit jala jalan di Monas, Ancol dan Plasa Senayan.

Pada malam penganugrahan di hari terakhir (hari keempat), diumumkan para pemenang dari masing masing bidang, Juara di bidang matematika adalah :
1. Stefi Rahmawati (UI)
2. Irwansyah (Un Mataram)
3. Muh Syifaul Muid (ITS)

dengan menghadirkan guest star Tompi, Winda Viska dan None Jakarta 2009. Ratih berpesan kepada adik adik Statistika yang ingin mengikuti perlombaan ini bahwa jangan pernah takut untuk terjun di Matematika, asalkan punya itikad untuk belajar Matematika yang notabene bukan bidang kita, kita pasti akan bisa melakukannya. Teruslah buat bangga almamater Statistika UNDIP, teruskan perjuangan saya, semoga Statistika UNDIP tetap menjadi yang terbaik dan berjaya  di tahun tahun berikutnya. SALAM STATISTIKA !!
"Jangan pernah takut untuk mencoba, karena dengan mencoba, kita akan tahu segalanya..."


OSNPTI2010 MATEMATIKA PERTAMINA

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Anonim mengatakan...

hiks...

Kumo Ratih mengatakan...

ngopo koe sun, hahahhaa

Unknown mengatakan...

hi,,,aku senang liat kalian semua, moga2 d semestr ini aq bisa seperti kalian semua...doakan yah..

Posting Komentar