ratihsubagyo. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Holiday at Jakarta (OSNPTI PERTAMINA)

Well, OSNPTI merupakan salah satu ajang bergengsi tingkat nasional yang pada tahun 2010 ini udah di selenggarakan yang ketiga kalinya. Event besar ini diselenggarakan oleh PERTAMINA dan bekerjasama dengan Universitas Indonesia. Dan baru pada tahun 2010 ini, STATISTIKA bisa menjuarainya.

Entah angin apa yang membawa saya untuk ikut iseng mengikuti olimpiade ini dengan tidak bermodalkan apa-apa (bisa dikatakan begitu karena saya tidak ahli matematika, saya STATISTIKA). Hehehe, dengan silabus silabus matematika yang disodorkan untuk di lombakan, antara lain matematika diskrit, aljabar real, persamaan diferensial biasa, Kalkulus, Kombinatorik, saya hanya menguasai sekitar 50% atau bahkan kurang dari materi yang dilombakan. Modal nekatlah...

Mungkin Allah ingin menguji saya apakah saya mampu atau tidak dalam membawa beban nama "JUARA 1 OSNPTI  BIDANG MATEMATIKA TINGKAT JAWA TENGAH" dan nama UNDIP tentunya sebagai Universitas Besar dan TERNAMA di Indonesia. Yah, seperti itulah nasib saya ketika saya datang dan menginjakkan kaki di Jakarta untuk mengikuti Event OSNPTI ke tingkat Nasional.

Saya tekankan lagi disini bahwa saya adalah mahasiswa STATISTIKA, bukan MATEMATIKA. Jadi jangan heran kalau misalnya saya kalah bertanding dengan mahasiswa Matematika dari 33 provinsi di Indonesia (Ngenes). Perjalanan dimulai ketika saya tiba menapakkan kaki di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada pukul 13.00. Sebetulnya saya merasa takut sebelumnya karena saya tidak pernah naik pesawat (maklum wong ndeso). Nah, begitu sampai di bandara kami wakil dari Jawa tengah yaitu Ely Kusniawati, saya, Listyanto(UNNES) dan Bapak PD III yaitu bapak Achmad Suseno sebagai PIC.Kami di jemput oleh segerombolan panitia dari UI menggunakan bus White Horse dan bergabung bersama teman teman dari provinsi lain. Setelah sampai di Pertamina Learning Center atau PLC di daerah Simprug, Jakarta Utara, saya dan teman teman melakukan registrasi dan mendapat kunci kamar yang bisa dibilang selevel dengan hotel. Saya berada dalam satu kamar dengan mahsiswi semester 7 dari UI yang kebetulan saya sudah dikenalin sebelumnya oleh mas Habib 07 (temen CIMB NIAGA) yaitu mbak Stefi rahmawati yang akhirnya jadi Juara 1
(sy sekamar dengan orang pintar). Hehehe...
Stefi Rahmawati (UI), saya, Dyah Prawitha


Malamnya saya dan teman teman semua sudah mulai mengakrabkan diri dengan anak anak adri provinsi lain dengan berbagai logat yang mereka punya. LUCU lhoh, eitss maksud saya lucu bukan menertawakan, tapi saya bangga mempunyai teman teman seperti mereka dengan gaya bicara masing masing. Malam itu kami diguhi acar welcome dinner yang sedikti diselipin tentang seminar kecil kecilan dari Pertamina. Yaiyalah orang event ini sponsor tunggalnya PERTAMINA. hehhe, jadi jangan heran juga kalau di hari hari berikutnya banyak kita habiskan dengan berkutat di pertamina.

Hari kedua, kita semua anak matematika mengikuti babak quarter final, dimana dari 33 orang yang mengikuti olimpiade dari 33 provnsi akan terseleksi dan terjaring menjadi 9 besar. Sayang saya tidak memvotonya. Setelah melalui perjalanan yang cukup panjang mengerjakan 4 soal dimana saya cuma bisa mengerjakan 2 soal, kami semua diajak berjalan jalan mengelilingi kota jakarta dan depot depot pertamina di seantero Jakarta. 
beberapa lokasi depot pertamina Jakarta

Setelah puas di depot pertamina yang notabene terlalu lama menurut saya, kami melanjutkan jalan jalan di beberapa tempat. Wah bayangkan saja, saya sudah menggebu nggebu ingin ke dufan tapi ternyata batal !!! Beruntunglah, perasaan kecewa agak sedikit terbayarkan dengan dinner di ancol dan berfoto bersama, cihui...
Di Ancol juga diumumkan peserta yang masuk 9 besar, tapi sayang saya tidak berhasil menembusnya. Alhasil, saya tidak punya kerjaan di hari selanjutnya. 

foto bersama(campur) di ancol

Malamnya kita semua pulang dengan keadaan capek. Pada keesokan paginya diadakan presentasi atas permasalahan yang dibuat dari soal open ended yang diberikan, dari ke 9 finalis tersebut akan diambil 3 besar untuk menentukan sang juara. Banyak kejadian lucu nih, beberapa diantara teman teman yang menghadiri presentasi 9 besar asyik ngbrol sendiri, kenalan dan gak merhatiin temannya yang sedang menjelaskan( maav ya teman teman, habisnya kita gak ada gawe+bete suruh dengerin 9 orang presentasi hanya dengan duduk).
But, setelah semuanya selesai, kita menghabiskan waktu dengan voto voto bersama dan berkeliling di sekitar PLC. Mantabs, cekidot fotonya...


atas :: peserta olimpiade matematika, bawah :: foto dengan anak bidang lain(campur) 

Nah, malamnya kita semua ngadain perkenalan dengan 33 peserta yang lain. Ini adalah moment yang gak bakal terlupakan, disini kan ceritanya masing masing anak disuruh berkenalan dengan bahasa daerah, nah..ternyata eh ternyata, banyak orang keturunan jawa dan bisa berbahasa jawa disini !! Seneng banget deh ternyata jawa dikenal banyak orang, hahha...Nih gaya saya ketika berkenalan, santai..

stefi rahmawati

kumo ratih alias saya sendiri


Pada esoknya saya sempat nih taking picture finali 3 besar yang lagi tegang, liat deh mukanya...




Tapi akhirnya saya senang karena semuanya event perlombaan sudah berakhir, tinggal jalan jalan deh...Sedikit foto bersama bersama teman teman OSNPTI, apa salahnya??

plasa senayan

monas :: saya, stefi, mona, dyah, teman2 matematika


Jalan jalan berakhir dengan malam penganugrahan, bintang tamunya tompi+none jakarta sebagai MC. Dan winda viska sebagai singer..Ini dia votonya...


Saya sedih ketika ini semua harus berakhir, saya senang bertemu dengan temen2 dari seluruh inodnesia, dengan berbagai adat dan budaya, dengan beranekamacam logat yang mereka punya. semoga ini bukan hanya kebersamaan sesaat saja, tapi akan berlanjut terus selamanya..Ingat kita semua, kita OSNPTI 2010 Matematika.  Maju terus bangsa Indonesia, majulah pendidikan kita !!
Teruslah mencetak generasi berprestasi, cerdas bersama Pertamina.
Salam STATISTIKA 



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar